Minggu, 31 Maret 2013

Makanan Bergizi Seimbang Baik Untuk Pertumbuhan Anak




Sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa konsumsi makanan bergizi seimbang baik untuk pertumbuhan anak. Pernyataan ini sebenarnya tidak mengada-ada karena faktanya banyak sekali gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang disebabkan oleh pemberian asupan makanan yang tidak memperhatikan piramida makanan gizi seimbang yang disarankan pemerintah. Apa saja jenis dan macam gangguan pertumbuhan yang mungkin terjadi?

Data dan fakta

Menurut berbagai sumber, berikut ini akan disampaikan data dan fakta yang perlu diketahui bahwa makanan bergizi seimbang baik untuk pertumbuhan anak, sehingga asupan makanan yang tidak memenuhi kandungan gizi harian anak akan memperbesar resiko terjadinya gangguan proses tumbuh kembang anak, seperti:
  1. Obesitas. Obesitas bisa terjadi apabila konsumsi makanan dengan kadar lemak ataupun gula yang terlalu tinggi namun tidak diimbangi dengan asupan makanan yang mengandung vitamin atau mineral seperti buah dan sayur.
  2. Caries. Caries pada gigi bisa disebabkan tingginya konsumsi gula baik dalam bentuk makanan ataupun minuman. Apabila dibiarkan tanpa penanganan, caries gigi pada anak dapat memicu terjadinya gingivitis yang memicu kerusakan struktur gigi. Biasakan memberikan minuman atau makanan yang memiliki rasa manis yang alami seperti buah-buahan.
  3. Autisme. Walaupun masih menjadi perdebatan, autisme pada anak bisa saja dipicu oleh kurangnya asupan sayuran dan buah-buahan pada menu makanan harian anak. Selain kurangnya asupan sayur dan buah, autisme juga mungkin saja dipicu oleh konsumsi makanan cepat saji yang banyak memiliki kandungan MSG.
  4. Hiperaktifitas. Menurut penelitian, hiperaktifitas pada anak bisa saja disebabkan oleh terlalu banyaknya konsumsi makanan kalengan yang mengandung bahan pengawet makanan yang tinggi. Selain konsumsi makanan berpengawet, hiperaktifitas pada anak juga disebabkan rendahnya konsumsi asam lemak tak jenuh ganda omega 3 yang banyak terdapat pada ikan laut.
Berbagai jenis permasalahan gangguan tumbuh kembang anak di atas sebenarnya dapat dicegah dengan konsumsi makanan gizi seimbang yang berpatokan pada piramida makanan gizi seimbang anak, sehingga dengan memperhatikan data dan fakta di atas, kiranya dapat ditarik kesimpulan bahwa makanan bergizi seimbang baik untuk pertumbuhan anak. Akan lebih baik apabila pemberian asupan makanan gizi seimbang untuk anak benar-benar diperhatikan. Semoga bermanfaat.


sumber : Artikelkesehatananak.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar